Sunday, December 21, 2014

Pasar Baroe



Pintu Masuk Pasar Baroe


#Lokasi
Pasar Baroe merupakan kawasan perdagangan yang terletak di Jalan Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

#Sejarah dan Informasi Singkat
Menurut riwayat, pasar yang berdiri sekitar tahun 1820 M ini merupakan warisan dari zaman Belanda, tepatnya pada masa VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie) berkuasa di Batavia. Dulu Pasar Baru dikenal sebagai daerah pertokoan elit karena lokasinnya yang berdekatan dengan kawasan Rijswik (Sekarang Jalan Veteran, Jakarta Pusat)., sebuah kawasan orang – orang kaya di Batavia.

Sejak Indonesia merdeka, Pasar Baru pada tahun 1930 telah menjadi pusat aktivitas ekonomi Jakarta. Namun hal ini tak bertahan lama seiring derasnya arus modernisasi yang merembes ke kota-kota besar di Indonesia. Lambat laun gema Pasar Baru semakin menurun, seiring dengan merebaknya pusat-pusat perbelanjaan yang lebih modern seperti mal, supermarket atau bahkan hypermarket. Untuk melindungi pasar yang syarat nilai sejarah ini dari kepunahan, pada tahun 2000 Pemerintah DKI Jakarta menetapkan Pasar Baru dan kawasan sekitarnya sebagai kawasan belanja bertaraf internasional melalui SK Gubernur No. 3048 tahun 2000. Barang-barang yang dijual di Pasar Baroe ini pun bervariasi mulai dari tas, sepatu, kain, kebaya, baju bekas, jam tangan peralatan salon dan masih banyak lagi. di pasar ini anda bisa mendapatkan jam tangan original dengan harga yang murah.

Salah satu toko di Pasar Baroe

#Harga
Untuk harga, selayaknya pasar lainnya, harga di Pasar Baroe ini juga bisa ditawar. Untuk jam tangan harga 300 ribu rupiah hingga 10 juta rupiah. Berbeda dengan jam dinding yang membuka harga mulai dari 100 ribu rpiah hingga 5 juta rupiah. Untuk kain 23 ribu hingga 575 ribu rupiah per meter. Tawar menawar harga di wajibkan agar wisatawan mendapatkan harga yang miring. Di hari- hari besar hampir semua toko akan mengadakan diskon besar-besaran dan tentunya harga barang akan semakin murah.

#Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1. Banyak pilihan barang dan toko
  2. Harga relatif murah
  3. Harga bisa di tawar
Kekurangan:
  1. Terdapat beberapa pedagang yang kurang ramah.
  2. Untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan sedikit sulit  mencari tempat parkir karena jalannya relatif sempit (Untuk mobil).
Pengunjung Pasar Baroe
#Tips and Trick
  1. Karena pasar ini tergolong pasar tradisional maka jangan ragu untuk menawar harga. 
  2. Jangan terburu- buru untuk membeli barang karena banyak toko yang harus di lihat, bisa jadi harganya berbeda.
  3. Harus tetap waspada terhadap pencopet.
#Akses
  1. Commuter Line, turun di Stasiun Juanda. Jalan kaki atau naik bajaj kearah Pasar Baroe.
  2. Naik Transjakarta, turun di halte Pasar Baroe

No comments:

Post a Comment