Saturday, December 20, 2014

Pasar Antik Jakarta

Pasar Antik & Koper - Jakarta

#Lokasi
Pasar Antik Jakarta ini terletak di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat. Pasar ini juga dikenal sebagai Pasar Antik dan Koper Jakarta.

#Sejarah dan Informasi Singkat
Pasar Antik Jakarta telah ada sejak tahun 1960-an. Semula, pasar ini hanya menjual barang-barang bekas untuk kebutuhan sehari hari dan hanya beberapa barang antik. Barang-barang tersebut kemudian dijajarkan dan dijual di sepanjang trotoar pada jalan itu. Namun setelah ditemukan barang antik seperti piringan hitam yang berisikan lagu yang dilarang pada waktu Presiden Soekarno, para pedagang mulai mencari barang-barang antik yang memiliki nilai jual tinggi.
Kemudian tahun 1971 pemerintah menetapkan pasar di jalan Surabaya ini sebagai pasar yang menyediakan barang-barang antik seperti patung, keramik, vinyl, lampu, wayang, dan lainnya. Sebelumnya pasar ini hanya berupa tenda-tenda kecil lalu baru pada tahun 1974 dibuatlah kios semi permanen. Selain menjual barang antik pasar ini juga menjual koper. Koper yang dijual bervariasi mulai dari koper tua, koper kecil, koper besar, dan berbagi merk koper. Pasar ini pun semakin popular dan dijadikan salah satu tempat tempat wisata di Jakarta.


Tas dan Koper yang dijual di Pasar Antik & Koper-Jakarta

#Harga
Harga yang di tawarkan pun bermacam-macam tergantung dari jenis barang serta seberapa antik barang tersebut. Untuk piringan hitam mulai dari 40 ribu rupiah hingga satu juta dan dengan vinyl player mulai dari 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk patung harganya sekitar 300 ribu hingga ratusan juta. 

#Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1.  Para pedagang yang ramah sehingga kita bisa bertanya tentang barang antik tersebut.
  2. Terdapat tempat parkir yang memadai.
  3. Harga bisa di tawar
Kekurangan:
  1. Peletakan barang-barang kurang tersusun rapi
  2. Berada di pinggir jalan sehingga sehingga harus berhati-hati terhadap kendaraan yang berlalu lalang
Barang Antik Keramik
#Tips and Trick
  1. Harus teliti memilih barang antik karena memungkinkan barang tersebut baru namun dibuat tampak seperti barang kuno
  2. Harus jeli untuk mendapatkan barang yang bagus karena penataan barang bertumpuk-tumpuk
#Akses
  1. Commuter Line, turun di stasiun manggarai. Jalan kaki atau naik bajaj kearah Halte Bus Manggarai kemudian naik Kopaja 49
  2. Naik Transjakarta, turun di halte manggarai, lalu naik Kopaja 49

Sumber : 

No comments:

Post a Comment