Friday, December 19, 2014

Pasar Batu Akik





#Lokasi
Pasar Batu Akik ini berada di  Jalan Bekasi Barat Raya Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur 13350. Pasar ini juga dikenal sebagai Jakarta Gems Center.


# Sejarah dan Informasi Singkat
Pasar batu akik yang berada persis di depan stasiun Jatinegara ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Gedung yang ditempati pedagang saat ini merupakan gedung yang telah direnovasi. Sejak direnovasi, pasar batu akik dan batu mulia Jatinegara  menempati bangunan baru tiga lantai. Batu yang dijual ada yang sudah dipoles ada pula yang masih berbentuk batu murni.  Batu akik yang kini juga menjadi salah satu trend  cukup menarik perhatian masyarakat luas. Yang uniknya dari pasar batu aji selain sebagian besar pedagang menjual batu akik dan batu mulia, di pasar ini terdapat  information center yang didalmanya terdapat galeri dan sejenis aula dan juga tempat untuk memoles batu akik.  Menurut salah satu pengelola gedung, pusat informasi ini akan mulai beroperasi pada tahun 2015, dan direncanakan pasar batu aji dan batu mulia ini akan dijadikan salah satu destinasi wisata di Jakarta.


Tempat Memoles batu akik


Pusat promosi dan informasi pasar batu akik




# Harga
Harga dari batu akik yang dijual ini cukup beragam, untuk batu yang sudah diolah mulai dari Rp. 10.000 hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk batu yang belum diolah harga bisa mulai dari Rp. 800.000/Kg. Saat ini jenis batu yang sedang popular dikalangan masyarakat adalah jenis Bacan, yang berasal dari Maluku harga yang ditawarkan bisa mencapa 50 juta-an.

# Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1.   Lokasi yang tergolong strategis karena berada di depan stasiun Jatinegara dan Halte Stasiun Jatinegara
  2.  Para pedagang cukup ramah yang mau membagi ilmu mengenai batu aji

Kekurangan :
  1. Pada saat weekend lahan parkir sangat sulit didapat mengingat banyaknya pengunjung pada hari itu

# tips dan trick

  1.  Untuk mendapatkan harga yang miring, pandai-pandailah menawar harga
  2.  Bawalah peralatan yang dibutuhkan untuk melihat keaslian batu seperti senter

# Akses

  •  Dari Stasiun Jatinegara, berjalan kaki sekitar 10 meter.
  •  Dari Terminal Kampung Melayu naik mikrolet 06A. 
  •  Halte busway terdekat adalah Halte Stasiun Jatinegara.



Sumber :

No comments:

Post a Comment