Sunday, December 21, 2014

Muara Angke

Pelabuhan Perikanan Muara Angke 


#Lokasi
Muara Angke merupakan sebuah perkampungan nelayan, tempat pelelangan ikan, pasar ikan yang terletak di Pluit, Jakarta Utara.

#Sejarah dan Informasi Singkat
Sejarah keberadaan Muara Angke berawal sekitar abad ke-16, dimana daerah Muara Angke (daerah pantai Penjaringan, hanya untuk sebelah barat Batavia lama) dianggap area strategis yang berdekatan dengan Kesultanan Banten dan Kesultanan Demak, yang dikemudian hari terlibat perebut Pelabuhan Sunda Kelapa dari kekuasaan Portugis. Pasar Ikan Muara Angke dalam rutinitas keseharian menjadi salah satu dari sekian banyak pelabuhan dan pusat pelelangan ikan di pulau Jawa yang hingga saat ini terus menonjol potensi baharinya. Tak hayal selain memenuhi pasar ikan lokal untuk Jakarta, potensi ikan perairan muara angke yang setiap hari dijala oleh ratusan nelayan sanggup memenuhi pasar ekspor Indonesia.
Berbagai jenis ikan dari ikan kecil hingga ikan besar memenuhi setiap box es pendingin yang bersandar seusai melaut di malam hari. Dari ikan tengiri, kakap merah, kerapu, lemadang, dan masih banyak jenis ikan lainnya yang selama 24 jam siap dijajakan di pusat pelelangan Pasar Ikan Muara Angke. Diakui atau tidak bahan baku dari sejumlah restoran sea food yang ada di kawasan Jakarta bisa jadi berasal dari Muara Angke. Anda bisa bayangkan kawasan yang cukup panas ini menghasilkan ratusan ton ikan setiap harinya yang diperoleh dari nelayan kecil, bahkan dari perusahaan yang berkecimpung dalam penangkapan ikan. Geliat ekspor-impor ikan segar keluar negeri juga mengalami trend yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Pedagang di Muara Angke
#Harga
Dengan harga yang bervariasi dari mulai Rp15.000 hingga Rp 45.000 per kilo anda sudah bisa membawa pulang ikan segar dari pasar ini.


#Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1.  Para pedagang yang ramah.
  2. Ikan masih segar karena langsung dari nelayan.
  3. Harga murah dan bisa di tawar
Kekurangan:
  1. Parkir sulit.
  2. Keadaan Muara Angke kotor dan bau.
Ikan yang akan dilelang

#Tips and Trick
  1. Bila ingin dating ketempat ini gunakanlah sepatu anti air (boots).
  2. Jangan lupa membawa masker atau sapu tangan untuk menutup hidung anda.
  3. Tidak disarankan untuk datang pada musim hujan karena banjir.
  4. pelelangan ikan baru dimulai pada sore hari.
#Akses
  1. Commuter Line, turun di Stasiun Kota kemudian berjalan kaki ke arah Museum Mandiri lalu naik 02 turun di Muara Angke.
  2. Transjakarta, turun di Halte Kota kemudian berjalan kaki ke arah Museum Mandiri lalu naik 02 turun di Muara Angke.


No comments:

Post a Comment